5 Tragedi Genosida yang terjadi di indonesia

Tragedi genosida atau sering di sebut sebagai tragedi pembunuhan masal ini sering terjadi di zaman dahulu dan menjadi sejarah kelam suatu bangsa, contoh dari tragedi pembunuhan masal adalah saat hitler(jerman) membunuh ratusan orang yahudi dan menjadi perbincangan internasional tapi ada yang menyebutkan juga bahwa itu adalah rekayasa atau hanya teori konspirasi di masyarakat, benar atau salahnya tidak ada yang mengetahui, hanya orang - orang yang terlibat saja yang mengetahui kebenaranya.

terlepas dari itu ternyata kasus serupa atau genosida ini terjadi di indonesia juga, keanyakan kasus genosida ini terjadi di zaman dahulu dimana sebelum merdeka dan setelah kemerdekaan indonesia. langsung saja berikut 5 tragedi genosida yang pernah terjadi di indonesia.

1.Pembantaian di mandor (kalimantan barat)


Tahun 1943-1945, saat tentara jepang menduduki wilayah indonesia melakukan pembantaian kepada 20.000 penduduk di wilayah mandor kalimatan barat, bila membicarakan tentara jepang maka ini bukanlah apa-apa karena semua sudah tau bagaimana kejinya tentara jepang di indonesia.
kasus gennosida ini terjadi pada tanggal 28 juni 1944, menurut saksi mata pada kejadian itu penduduk yang usianya diatas 12 tahun dikumpulkan dan dibunuh secara masal dengan metode yang beragam seperti, ditembak dengan senappan, dipenggal dan diminumi air secara berlebihan dengan selang sampai korban meninnggal. karena peristiwa genosida tersebut kini tanggal 28 juni diperingati sebagai hari berkabung daerah dan sudah dimasukan ke perda.

2. Jalan anyer-panarukan.(1808 - 1909)


Jalan anyer-panarukan adalah jalan yang membentang dari anyer sampai panarukan dan bagi orang yang sudah menduduki bangsu smp pasti mengerti cerita kelam dibalik jalan tersebut. kejadian ini termasuk kedalam traged genosida karena menimbulkan korban jiwa lebih dari 1.200 orang dikisahnya pada saat belanda menduduki wilayah indonesia dan saat itu ditangan besi Gubernur Jendral Willem Daendels membat sebuah proyek yaitu membuat jalan sepanjang 1.000 km guna sebagai penghubung komunikas belanda di jawa didalam pembangunanya ini mengerjakan paksa orang pribumi tanpa adanya gaji dan makanpun seadanya alhasil banyak orang pribumi yang meninggal karena proyek tersebut.

3.Pembantaian Westerling (sulawesi selatan)


tragedi genosida ini terjadi di daerah sulawesi selatan pada tahun 1946 bulan desember hingga 1947 febuari, tragedi ini di latar belakangi oleh belanda belum menerima kedaulatan indonesia dan ingin membuat penduduk pribumi tunduk kembai kepada belada, alhasil belada melakukan operasi yang dipimpin oleh jendrral belanda (Raymond Pierre paul Westerling) mengumpukan pria dewasa sejumlah 40.000 (perkiraan) orang untuk menggali lubang sebagai makamnya sebelum belanda membunuh secara masal.

4. Pembantaian etnis china oleh belanda


“Seluruh jalanan dan gang-gang dipenuhi mayat, kanal penuh dengan mayat. Bahkan kaki kita tak akan basah ketika menyeberangi kanal jika melewati tumpukan mayat-mayat itu,” demikian kesaksian G. Bernhard Schwarzen dalam buku Reise in Ost-Indien yang terbit tahun 1751.
seperti yang dikatakan G. Bernhard Schwarzen itu tragedi genosida ini mengakibatkan banyak sekali korban pembunuhan etnis china didaerah Batavia atau sekarang dikenal dengan nama jakarta pembantaian ini terjadi genosida ini terjadi selama 13 hari itu mengakibatkan lebih dari 10.000 orang etnis china terbunuh dengan keji oleh beladan penyebabnya adalah isu politik yang dibuat belanda, karena VOC kalah dagang oleh EIC(dari inggris) yang membuat belanda melakukan pungli dan pajak yang sangat merugikan kepada pedagang tionghoa yang menyebabkan pemuda tionghoa protes dan akhirnya terjadi tragedi genosida ini karena kemarahan belanda.
Andriaan Valckenier adalah tokoh dibalik tragedi genosida ini, andriaan juga melakukan saimbara kepada siapapun yang bisa memenggal kepala orang tionghoa.

5.Pembantaian Anggota PKI


Pembantaian Anggota PKI hal ini bukanlah hal rahasia lagi karena kerap dipelajari di sekolah dasar. tragedi genosida yang sangat menggemparkan indonesia dan internasional karena menimbulkan lebih dari 78.000 orang terduga PKI dibunuh.
peristiwa ini masih menimbulkan perdebatan dimana salah satunya membuat teori dibalik pembunuhan ini adalah presiden no.2 RI yaitu Soeharto yang takut akan politik PKI yang besar, dan satu teorinya lagi adalah yang diajarkan kepada sekolah-sekolah di indonesia. terlepas mana yang benar tragedi genosida ini menimbulkan korban yang sangat banyak dan menjadi aib terbesar bangsa indonesia di kaca internasional.

Tragedi genosida tadi adalah serangkaian beristiwa yang sangat memilukan dan menjadi sejarah kelam di indonesia. semoga semua korban di rangkaian tadi mendapat tempat yang layak di sisi-NYA.
sekian dan selamat beraktivitas kembali.

0 Response to "5 Tragedi Genosida yang terjadi di indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel